Kegiatan Yobama Tingkatkan Kemampuan
Membaca Siswa Kelas Awal
Oleh : Muhajir,S.Ag.,M.Pd
Membaca permulaan
merupakan tahapan proses belajar membaca
bagi siswa di SD/MI di kelas awal. Siswa
belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan
menangkap isi bacaan dengan baik. Oleh karena itu guru perlu merancang
pembelajaran dengan baik sehingga mampu menumbuhkan kebiasaan membaca sebagai
suatu yang menyenangkan. Kemampuan membaca permulaan di kelas awal lebih
difokuskan pada kemampuan membaca tingkat dasar, yaitu kemampuan melek huruf.
Maksudnya siswa dapat mengubah dan melafalkan lambang-lambang huruf yang
ditulis menjadi bunyi-bunyi kata yang bermakna.
Keadaan di SD/MI pada kelas awal, masih ada siswa yang belum bisa membaca dengan lancar. Ada juga siswa yang sudah bisa membaca
lancar tapi belum memahami tanda baca yang ada dalam teks bacaan, sehingga
siswa membaca tidak menggunakan intonasi dan ekspresi yang benar. Bahkan ada
siswa sudah bisa membaca lancar tetapi tidak memahami arti kosa kata dan
kalimat yang dibaca, sehingga siswa juga tidak memahami isi dari teks bacaan
yang telah dibaca.
Salah satukegiatan yang bisa
digunakan oleh para guru di kelas awal untuk memberikan bimbingan pada siswa
agar bisa membaca dengan lancar dan dapat memahami arti kata-kata yang baru di
dengar serta dapat memahami isi dari suatu cerita atau bacaan adalah dengan
membaca bersama yang diebut dengan
istilah yobama .
Beberapa hal yang perlu
disiapkan guru sebelum melaksanakan kegiatan
yobama adalah, guru melakukan pengkondisian kegiatan meliputi kegiatan awal
pembelajaran, kegiatan kontrak belajar, pengelolaan siswa selama kegiatan, menyiapkan materi bacaan atau cerita yang
menarik yang ditulis dengan tulisan
berukuran besar atau menggunakan buku dari perpustakaan yang berukuran
besar(big book), tulisan harus disertai dengan gambar yang menarik sesuai isi
bacaan, guru menyiapkan alat peraga yang sesuai dengan isi bacaan atau cerita,
guru mengatur tempat duduk siswa yang memungkinkan seluruh siswa dalam satu
kelas dapat melihat tulisan yang ada di dalam buku besar atau big book boleh
dengan cara siswa duduk lesehan sedangkan guru memegang buku besar dengan duduk
di kursi atau siswa duduk di kursi sedangkan
guru memegang buku besar sambil berdiri,
Setelah kegiatan persiapan
selesai saatnya guru melaksanakan kegiatan membaca bersama dengan
langkah-langkah sebagai berikut, guru memperkenalkan buku tentang (sampulnya,
judulnya, penulisnya,) , guru membaca nyaring sambil menunjuk kata dan siswa
mendengarkan (sambil melihat ilustrasi gambar), mendiskusikan kosa kata yang penting di awal
cerita maupun di seluruh bacaan, guru
terkadang menutup kata dengan kertas dan siswa disuruh menebak kata untuk
melengkapi kalimat, mengajak siswa untuk membaca secara bersama atau secara
individu, membantu siswa memprediksi isi
bacaan atau cerita, membantu siswa memahami
kosa kata dan tanda baca, membantu siswa membaca dengan ekspresi dan
membaca lancar, membantu siswa
memahami isi bacaan dengan benar, meminta siswa untuk berdiskusi.
Sedangkan manfaat dari
kegiatan membaca bersama ini diantaranya, siswa dapat membaca nyaring sekaligus
memahami bacaan yang diperlihatkan, mendorong siswa mendengarkan dan menirukan
semua huruf atau kata yang diucapkan oleh guru, melatih siswa tetap fokus dan
terlibat aktif dalam pembelajaran, memberikan kegiatan yang beragam dalam satu
kegiatan, mengembangkan kompetensi diri
siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami isi bacaan.
Kepala Madrasah MIN 2 Jepara
Kepala Madrasah MIN 2 Jepara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar